Rabu, 20 Oktober 2021

Penyanyi Poon Sow Keng Pan Xiu Qiong 潘秀瓊 Si Ratu Alto

    Poon Sow Keng  潘秀琼  1935 - Poon Sow Keng (Pan Xiuqiong) sang "Ratu Alto", berusia 80 tahun pada tahun 2015, dan ia merayakannya dengan beberapa konser khusus. Ia lahir di Makau pada tahun 1935. Ketika ia berusia empat tahun, keluarganya pindah dari Makau ke Kuala Lumpur, tempat ayahnya bekerja sebagai tukang cukur. 

       Di sekolah, dia biasanya dipilih sebagai wakil dalam kontes menyanyi dan konser sekolah. “Karena kami tidak kaya, saudara-saudara saya dan saya tidak memiliki mainan seperti anak-anak lain. Sebaliknya, kami memperlakukan bernyanyi seperti permainan. Bagi kami, itu adalah cara termurah dan paling menyenangkan untuk menghibur diri sendiri. Selama saya bisa bernyanyi, saya senang. " 

    Pada usia 15, ia tampil di Singapura, karena dunia hiburan berkembang pesat dengan tiga taman hiburan, klub malam, dan hotel. “Ada sembilan mulut yang harus diberi makan di rumah. Saya benar-benar senang menyanyi untuk mencari nafkah. Saya merasa terhormat dapat membantu memperbaiki keadaan keluarga saya.” 

    Pada usia 17, ia menjadi penyanyi termuda yang menandatangani kontrak di bawah label rekaman Pathé di Hong Kong, dan juga satu-satunya penyanyi dari Asia Tenggara di kandangnya. Dia akan merilis lebih dari 100 album rekaman dan muncul dalam 4 film. Dengan kesuksesan lagu andalannya, A Lover's Tears, karir menyanyi Poon mencapai puncak baru. 

    Dia akan bolak-balik antara Hong Kong dan Singapura, untuk rekaman album dan pertunangan menyanyinya. Dia segera bernyanyi di tempat-tempat bergengsi seperti klub malam di Hotel Singapura serta di restoran di Gedung Cathay. Dia juga akan menghiasi pesta cha-cha yang diadakan oleh perwira Inggris pascaperang di lantai paling atas New 7th Storey Hotel. 

    Seringkali, setelah setengah jam bernyanyi dalam bahasa Mandarin di sebuah restoran Cina, dia akan diminta untuk menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Inggris di restoran Barat di lantai bawah. Dia juga akan tampil di klub malam di seluruh Hong Kong. 

  “Air mata yang kucurahkan sekarang bukan lagi air mata seorang kekasih. Mereka adalah air mata kebahagiaan, air mata perhatian dan perhatian. Mereka benar-benar air mata syukur. Saya selalu menjalani kehidupan yang sederhana, dan saya merasa bahwa siapa pun bisa bahagia jika mereka menjaga hal-hal sederhana. 

     Meski begitu, saya berharap untuk diingat. Tolong jangan lupakan aku. Saya berharap lagu-lagu Poon Sow Keng akan menjadi bagian dari semua orang selamanya.”

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.