Minggu, 14 November 2021

KIAT MENGATUR KARIER


Seorang pemilik perusahaan biasanya selalui mencari terobosan, agar usahanya semakin baik, setidaknya bertahan. Seorang pegawal atau karyawan/karyawati atau pekerja, juga perlu berusaha agar dirinya bisa naik pangkat, setidaknya bertahan di jabatannya. 

Bagaimana klat mengatur karier Anda?

Cari keahlian baru, ikuti percobaan-percobaan dan tanggung jawab baru di tempat kerja Anda. Ikuti pula bila ada tim gabungan dari departemen-departemen. Kalau ada latihan-latihan ikuti terus. Jangan hanya bisa mengerjakan tugas Anda. 

Tunjukkan bahwa Anda selalu bersemangat Harus berani mengambil resiko. Rencanakan tugas Anda dengan baik. Jangan santai.

Jadilah pekerja yang suka menolong orang lain, selalu siap jadi pengganti pekerja lain. Kata Marilyn Moats Kennedy: Jangan pilih-pilih mana yang pekerjaan Anda, mana yang bukan.

Analisa penampilan pekerjaan Anda Bagaimana yang bos suka, apa yang Anda bisa dan apa yang tidak. Jangan menjadi pekerja yang lumpuh pemikirannya Tunjukkan bakat Anda, cari kritikan dari atasan atau rekan di luar departemen Anda. 

Pahami betul pekerjaan pokok dari perusahaan Anda. Dan dekatkan selalu pada wilayah pekerjaan pokok itu.

Ikuti perkembangan pasar dari usaha perusahaan Anda. Baca berita-berita terbaru tentang itu. Hadiri bila ada pertemuan yang mengupasnya.

● Pelajari kiprah bagian penjualan perusahaan Anda. meskipun Anda di bagian lain. Tentukan pula target penjualan menurut hemat Anda, termasuk kapan harus tercapai.

Buat rencana pengembangan usaha pokok sampai detail. Tunjukkan pada bos rencana itu bila ada kesempatan.

Dengarkan apa komentar umum tentang hasil kerja Anda, dengar pula komentar rekan-rekan Anda.

Buat artikel tentang usaha perusahaan Anda, untuk dimuat di koran-koran lokal atau penerbitan bisnis lain.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.